Senin, 26 November 2012

TIPS MERAWAT DAN MEMILIH LAPTOP


RAFFI-BLOGGER-.Cermati Keyobard dan Monitor

Keyboard dan monitor LCD merupakan komponen notebook yang paling rentan terhadap kerusakan. Misalnya saja ketika tanpa sengaja keyboard tersiram air ataupun monitor tergores saat dibersihkan.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah kerusakan pada komponen monitor LCD dan keyboard notebook.

Monitor

1. Engsel Monitor
Kalau diperhatikan dengan seksama, di dalam lipatan antara CPU dan monitor LCD terdapat engsel yang memungkinkan kedua komponen itu dikatupkan satu sama lain. Perlu disadari bahwa beban terberat dalam suatu notebook adalah pada bagian engsel tersebut.

Oleh karena itu jangan memberikan hentakan pada saat membuka monitor sewaktu mau mengaktifkan notebook. Demikian juga sebaliknya, jangan menutup monitor terlalu keras ketika selesai menggunakan komputer jinjing tersebut.

Memang yang namanya musibah tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, bila
terjadi retak, segera perbaiki di dealer resmi. Hal itu dimaksudkan agara kerusakan tidak merambat ke tempat lainnya.

2. Separoh harga notebook
Layar LCD sangat tipis dan mudah pecah, karenanya perlakukan dengan
benar dan jangan sampai kena benturan, tekanan, goresan yang bisa
merusaknya. Ingat sekitar 50% dari harga notebook merupakan harga dari layar LCD tersebut.

3. Membersihkan monitor
Lalu bagaimana kalau layar monitor notebook berdebu? Apakah harus didiamkan? Tidak diharamkan untuk membersihkan monitor LCD .


4.Coba model kerja baru,,,DI SINI GAN,,,,!!!

Dengan berjalannya waktu, layar NB akan menjadi kotor dan berdebu. Anda dapat menyemprotkan cairan khusus pembersih Monitor ke kain lap dan menggosok layarnya perlahan lahan. Gunakan kain yang lembut dan tidak kasar. Sebaiknya tidak menyemprotkannya langsung ke permukaan layar karena cairan dapat meleleh ke bawah dan bisa merusak rangkaian elektroniknya.

Jangan gunakan cairan pembersih plastik atau glass cleaner sembarangan karena bisa merusak lapisan pelindung yang berfungsi mencegah sinar memantul.

Kalau tidak ada cairan pembersih khusus tersebut, sebaiknya menggunakan air yang dicampur sedikit sabun mandi.

Keyboard

Kotoran di sela tombol
Letak tombol keyboard yang saling berhimpitan dengan sedikit sela seringkali menyebabkan debu, kotoran, dan remah-remah bersembunyi di sela-sela tombol.

Membersihkan Keyboard
Vacuum cleaner merupakan alat yang cocok untuk membersihkan kotoran dan remah remah yang tersembunyi di celah celah Keyboard.

Alternatif lain adalah dengan menyemprotkan udara di antara tombol-tombol keyboard. Jangan menggoncangkan dan mengetuk Keyboard dengan keras karena bisa merusaknya.

Tersiram cairan
Menumpahkan minuman ke Keyboard bisa terjadi pada siapapun. Bila itu yang terjadi, segera matikan Notebook, letakkan kain lap di atas keyboard dan balikkan untuk mengeringkan cairan yang masuk kedalamnya dan mencegah masuk ke komponen lainnya.
Pada beberapa merek NB tertentu seperti halnya Acer, konstruksi NB memungkinkan cairan mengalir ke bagian dasar tanpa merusak rangkaiannya.

TIPS MEMILIH LAPTOP

Laptop sepertinya sudah bukan menjadi barang mewah lagi. Mereka yang mobilitasnya tinggi dan sering bepergian, memilih laptop sebagai ‘teman sejati’ yang menemani setiap pekerjaan mereka kemanapun mereka pergi.

Namun tak sedikit konsumen yang bimbang dan kebingungan saat ingin membeli laptop baru mengingat laptop bukanlah barang murah. Terlebih lagi saat ini bermunculan berbagai jenis laptop dengan beragam spesifikasi dan merk, pun harganya bervariasi. Tak jarang pula konsumen membeli laptop dengan spesifikasi yang ‘wah’ tanpa memikirkan kegunaannya.

Bagaimana memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan? Simak beberapa tips singkat berikut ini:

1. Tentukan dulu kegunaannya, apakah laptop akan dipakai untuk disain dan gaming, men-develop sistem, atau mobile. - Jika laptop dipakai untuk tujuan disain dan gaming, sebaiknya Anda memilih spesifikasi laptop dengan menitikberatkan pada kartu VGA (Video Graphics Array) dan memori yang handal. Jika Anda ingin laptop dengan kemampuan lebih tinggi, memilih teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit sangat disarankan.

Untuk penggunaan disain grafis ataupun bermain game, sebaiknya pilih laptop dengan VGA yang tinggi kekuatannya dan memori yang besar agar disain dan bermain game terasa lebih ‘ringan’. Kartu VGA sendiri berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Sedangkan memori merupakan sebuat alat penyimpan data digital sementara yang biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya (kelipatan dua).

- Untuk developing, biasanya dibutuhkan software develop yang membutuhkan resource tinggi. Anda bisa memilih laptop dengan mempertimbangkan prosesor dan memori dengan spesifikasi tinggi agar bisa mengimbangi perkembangan piranti lunak dan developing tools yang kian hari kian ‘rakus’ memori. Teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit juga disarankan.

- Untuk mobile, Anda bisa menekankan pilihan pada umur baterai, berat laptop, ukuran layar, serta beberapa fitur internal konektifitas(KLIK HERE) seperti wifi, bluetooth, IrDA, NetworkCard, Modem.

2. Terlepas dari pemilihan penggunaan, beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal besar layar, berat laptop dan umur baterai. Jika Anda akan sering memakai laptop di perjalanan, sebaiknya pilih laptop yang ringan, dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar agar tidak kesulitan membawanya.

Umur baterai juga patut dipertimbangkan. Umumnya baterai laptop paling tidak bisa bertahan 2 hingga 3 jam tanpa terhubung ke adapter. Jika Anda ingin menghemat penggunaan baterai, matikan fungsi konektifitas seperti Wifi atau Bluetooth karena fungsi tersebut akan memperbanyak konsumsi baterai.

3. Pertimbangkan layanan purna jualnya.
Saat hendak membeli laptop, jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan purna jualnya mulai dari gerai service (banyak atau tidak, mudah dijangkau atau tidak), ketersediaan spare parts serta harga jual kembali. Jangan memilih laptop yang spare parts-nya sulit dicari. Disarankan, jangan membeli laptop yang spare parts-nya sulit dicari.



GOODLUCK.......!!!!



 

4 komentar:

  1. waw ini berguna buat ane artikel menarik terima kasih.

    BalasHapus
  2. Makasih Gan Infonya Sangat Berguna
    Salam Kenal Kunjungan Balik ya gan, thnks

    BalasHapus
  3. informasi yang menjadi pengetahuan tambahan buat ane gan terima kasih, kebetulan ane juga baru mau beli laptop., hehee itu juga kalau dapat duit banyak..!

    BalasHapus
  4. wah info menarik nieh kebetulan ane mau beli laptop bulan depan, tips menarik dan bermanfaat buat ane terima kasih.

    BalasHapus